info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Kepala Biro AUPK Sosialisasikan Pelayanan SERASI sebagai Wujud Komitmen UIN KHAS Jember terhadap Layanan Publik yang Ramah dan Profesional

Home >Berita >Kepala Biro AUPK Sosialisasikan Pelayanan SERASI sebagai Wujud Komitmen UIN KHAS Jember terhadap Layanan Publik yang Ramah dan Profesional
Diposting : Senin, 04 Aug 2025, 13:50:54 | Dilihat : 272 kali
Kepala Biro AUPK Sosialisasikan Pelayanan SERASI sebagai Wujud Komitmen UIN KHAS Jember terhadap Layanan Publik yang Ramah dan Profesional


Humas - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menyelenggarakan Sosialiasi Maklumat Pelayanan SERASI pada Senin, 4 Agustus 2025, pukul 08.00 WIB di Ruang Rapat Rektorat Lantai 1.

Acara dibuka oleh Kepala Bagian Umum, Yulianto, S.E., dilanjutkan dengan pemaparan dari Kepala Biro AUPK, Dr. H. Nawawi, M.Fil.I. mengenai konsep dan implementasi SERASI, yang merupakan akronim dari Senyum, Ramah, Sapa, Responsif, Solutif. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya pelayanan yang lebih humanis dan berorientasi pada kepuasan civitas dan masyarakat.

Kepala Biro AUPK menjelaskan bahwa SERASI akan menjadi bagian dari Maklumat Pelayanan, yaitu komitmen UIN KHAS Jember untuk memberikan layanan yang santun, nyaman, bersahabat, menyenangkan, berkualitas, transparan, akuntabel, dan tidak berbelit-belit.

“SERASI bukan sekadar nama, tapi wajah pelayanan baru UIN KHAS Jember. Mulai dari senyuman tulus saat menyambut tamu, sikap ramah dan santun, sapaan hangat penuh keakraban, hingga respons yang cepat dan solusi yang menyenangkan—semua menjadi satu kesatuan layanan yang membangun rasa nyaman dan kepercayaan,” ujar Dr. Nawawi.

Tak hanya mengedepankan etika layanan, UIN KHAS Jember juga memperkenalkan konsep Fast Track sebagai bagian dari reformasi birokrasi kampus. Melalui pendekatan ini, proses pelayanan yang dulunya memakan waktu berhari-hari kini dipangkas menjadi hanya dalam hitungan menit. Misalnya, tata persuratan kini sudah berbasis digital tanpa perlu membawa berkas fisik. Di bidang kepegawaian, berbagai layanan seperti kenaikan gaji berkala dan pangkat telah memiliki timeline digital yang jelas dan terpantau.

Program SERASI rencananya akan diresmikan pada 17 Agustus 2025 dan mulai diterapkan secara penuh di lingkungan UIN KHAS Jember pada Selasa, 19 Agustus 2025. Melalui SERASI, UIN KHAS Jember berharap mampu menjadi institusi pendidikan yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga ramah dalam pelayanan—melayani dengan hati, bekerja dengan solusi.

Penulis: Atiyatul Mawaddah
Editor: Munirotun Naimah

;