Coffee Morning: Tindak Lanjut Maklumat Pelayanan SERASI di UIN KHAS Jember
Humas - Coffee Morning yang rutin digelar Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember setiap awal pekan, kali ini membahas mengenai tindak lanjut pemberlakuan Maklumat Pelayanan SERASI, pada Senin (25/8/2025).
Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Rektorat lantai 1 ini dihadiri Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan (AUPK), Wakil Rektor III, Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI), para kepala bagian, kasubbag serta pimpinan unit dan lembaga.
Acara dibuka Kepala Bagian Umum, Yulianto, S.E., yang menyampaikan bahwa sejak Maklumat Pelayanan SERASI diberlakukan pada 19 Agustus 2025 lalu, Kepala Biro AUPK telah melakukan monitoring terhadap penerapannya di lingkungan kampus.
Kepala Biro AUPK, Dr. H. Nawawi, M.Fil.I., menekankan pentingnya penerapan nilai-nilai SERASI secara konsisten. “Maklumat Pelayanan SERASI bukanlah sekadar seremoni atau formalitas belaka. Ia adalah komitmen bersama yang menuntut kesungguhan, konsistensi, dan keteladanan. Nilai-nilai senyum, ramah, sapa, responsif, dan solutif harus hidup dalam sikap serta mental kita sehari-hari. Sebab, hakikat pelayanan publik bukan hanya soal aturan tertulis, melainkan bagaimana kita menghadirkan kebahagiaan, kenyamanan, dan kepercayaan bagi masyarakat melalui ketulusan dalam bekerja,” ujar beliau.
Menurut Kabiro AUPK, UIN KHAS Jember telah menerapkan standar pelayanan melalui identitas resmi berupa ID Card dan PIN bagi tenaga kependidikan. Hal ini, lanjutnya, merupakan bentuk disiplin kerja sekaligus simbol keseragaman dalam memberikan pelayanan yang ramah dan tertib.
Sementara itu, Kepala SPI, Dr. Retna Anggitaningsih, S.E., M.M, mengingatkan pentingnya menindaklanjuti edaran terkait serapan anggaran di seluruh unit, lembaga, dan fakultas. Ia juga mendorong adanya simbol-simbol SERASI yang ditempatkan di lingkungan kerja. “Dengan adanya pengingat visual, kita semua akan lebih mudah menanamkan kebiasaan senyum, ramah, sapa, responsif, dan solutif,” kata beliau.
Maklumat Pelayanan SERASI sendiri dimaksudkan sebagai panduan etos kerja ASN UIN KHAS Jember dalam membangun budaya pelayanan publik yang berorientasi pada integritas, kedisiplinan, serta semangat kebersamaan.
Penulis: Atiyatul Mawaddah
Editor: Munirotun Naimah




